CHAI ZONE

Tempat Belajar, Bermusik, Berbagi Ilmu, Bersenang – senang

 

Jepang VS Korea

 

hana-yori-dango2  VS  images

Siapa sih yang gak kenal jepang ? Negara Asia yang paling maju dengan penemuannya terhadap teknologi teknologi canggih,… itu jawaban dulu, sekarang anak-anak muda (jadi berasa tua) ngejawab “Negara penghasil manga dan anime terbaik di dunia” (ini hanya dalam imajinasi saya jangan dianggap serius), ya anak-anak muda jaman sekarang mengenal jepang dari anime, dan manganya, contohnya Naruto. salah satu TV swasta di Indonesia menayangkannya anime tersebut hampir setiap sore hari. Belum lagi dengan semakin mudahnya akses internet, kita bisa mendapatkan anime dan manga tersebut secara up to date.

Tapi yang saya akan bahas bukan tentang anime ataupun manga, akan tetapi “DORAMA” sebenernya sih dari kata drama dengan pengucapan jepang, atau kalo di Indonesia kita biasanya nyebutnya sinetron… yah agak2 miriplah. Tidak hanya dari jepang, dorama luar negeri yang juga sedang “booming” di Indonesia ada juga yang berasal dari Korea (kayanya sih Korsel). Banyak yang suka dengan dorama tersebut karena salah satu stasiun swasta kita sering menayangkannya pada sore hari, atau dengan cara download melalui internet.

Persaingan antara Jepang dan Korea sangat sengit di Indonesia khususnya persaingan antara penggemar cowok2 ganteng (korea) dan penggemar kejepang2an. bagaimana dengan dorama Indonesia (dibaca : sinetron) ? kayanya anak muda sekarang sudah jarang yang suka nonton sinetron, kalo para ibu saya tidak tau juga. mungkin karena cerita sinetron Indonesia lebih banyak unsur kekerasan dan kalo misalnya bagus gak akan ada ujungnya, dibandingkan dengan dorama jepang yang biasanya habis di episode ke 12 + spesial movie untuk endingnya dan dorama korea yang biasanya habis di episode 16.

Saya mau membahas dorama versi jepang dengan dorama versi Korea yang memiliki cerita yang mirip. cerita dari 2 dorama tersebut mengikuti “senior” mereka yang sempat booming di indonesia berasal dari taiwan yaitu “Meteor Garden”, yang menceritakan tentang F4 dan seorang gadis. Versi jepangnya berjudul “Hanayori Dango” dan versi Koreanya berjudul “Boys Before Flower” (BBF). Pendapat saya sih dorama yang versi jepangnya lebih bagus dari versi korea dan versi taiwannya, ceritanya jadi lebih menarik dan pemerannya bisa membawa karakter tersebut dengan sepenuhnya, jadi terasa natural. kalau versi korea saya tidak terlalu tau, soalnya saya baru menonton beberapa episode sudah tidak tertarik berbeda saat menonton “Hanayori dango” yang selalu penasaran dengan episode selanjutnya sehingga nonton sampai larut malam. namun berdasarkan pendapat sepupu-sepupu saya yang notabene perempuan : “BBF bagus kok “.

Yah semua orang punya selera masing-masing, tapi kalo berdasarkan pengalaman saya  sih, sebagian besar yang  suka dorama korea adalah perempuan, kalo laki2 lebih banyak suka ke dorama jepang. Apa mungkin alasannya pemeran cowo(aktor) dorama korea biasanya ganteng2, dan sebaliknya pemeran cewe (aktris) dorama jepang emang cantik atau cute, orang jepang biasa menyebutnya “kawaii”, siapa yang tau…hehe

nah kalo menurut kalian lebih bagus mana, Jepang atau Korea ?

 

3 Responses to “Jepang VS Korea”

  1.  

    Great article, thanks for sharing this. I have subscribed to your RSS feed and am looking forward to reading more from you.
    Keep up the good work and don’t stop posting please.

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ’0 which is not a hashcash value.

  2.  

    Wait, maksudnya ada dorama yang dari Jepang juga gitu di Indonesia? Kirain semuanya Korea..

  3.  

    ya Download lah mksdnya…., klo di tv indonesia mah kayanya baru anime deh yg dari jepang mah… moga2 aja tar ada yg Dorama

Leave a Reply